Wajib tahu, ini 6 tempat wisata hits di Bengkulu

oleh -بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Gelamai.com– Akhir pekan merupakan suatu moment yang sangat penting dan menyenangkan bagi hampir setiap orang. Kita biasanya menjadikan moment akhir pekan dengan melakukan berbagai hal, mulai dari membersihkan lingkungan tempat tinggal ataupun hanyadigunakan sebagai waktu untuk bermalas-malasan dirumah.

Tetapi tidak sedikit pula orang yang menggunakan waktu akhir pekan sebagai ajang untuk mengunjung itempat-tempat wisata yang menarik dan unik. Tidak jarang pula kita menghabiskanvwaktu akhir pekan dengan berburu tempat wisata sampai keluar daerah tempat tinggal, hanya sekedar untuk melepas penat dan menenangkan diri.

Di Bengkulu misalnya, banyak sekali masyarakat yang menggunakan waktu akhir pekan hanya sekedar untuk menikmatipemandangan-pemandangan yang indah, baik bersama sahabat, keluarga maupun pasangan.

Orang-orang yang datang dan berkunjung ke tempat wisata di Bengkulu ini bukan hanya warga Bengkulu saja, tetapi juga orang-orang dari luar kota bengkulu atau bahkan orang-orang dari luar pulau Sumatra. Karena memang di kota Bengkulu sendiri terdapat cukup banyak tempat-tempat wisata yang menyediakan pemandangan yang indah dan patut untuk dimasukkan kedalam daftar tempat wisatayang wajib kamu datangi.

Berikut 6 tempat wisata alam di kota Bengkulu yang wajib kamu datangi versi gelamai.com:

1. Wisata Pantai Panjang

Tempat pertama yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke provinsi Bengkulu adalah pantainya, terutama pantai panjang. Dinamakan demikian karena pantai inimemiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km dengan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter.

Hal ini terjadi karena disekitar pantai tidak terdapat karang sehingga saat air laut pasang membuat hamparannya menjangkau jauh ke dalam pantai. Pantai Panjang yang terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, dan Kecamatan Ratu Samban yang sejajar dengan Pantai Tapak Paderi serta Pantai Jakat ini akan terlihat jauh lebih indah saat airnya surut, karena hamparan pasir putihnya terlihat semakin luas.

Saat berkunjung ke pantai ini kamu tidak hanya menemukan warna biru dari laut dan putih dari pantai, tapi juga hijau dari pepohonan. Karena kondisi pantainya yang landai, airnya yang bersih, serta hamparan pasir putihnya yang luas,merupakan daya tarik tersendiri dari obyek wisata Pantai Panjang.

Dengan kondisi pantai seperti itu, pengunjungdapat mandi sepuasnya sambil menikmati semilir angin pantai yang masih bersihdan sejuk karena pantai ini terbilang jauh dari area perindustrian.

Selain itu, banyaknya pohon cemara dan pinus yang tumbuh di sekitar pantai ini juga merupakan keunikan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Di sana juga terdapat Sport Center sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan olahraga seperti voly pantai, berselancar atau hanya sekedar untuk berjalan santai.

Di pagi dan sore hari biasanya pantai ini akan dipenuhi oleh masyarakat yang melakukan jogging di pinggir pantai. Ombak di Pantai Panjang banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berselancar. Pantai Panjang yang ada di Bengkulu ini mempunyai banyak fasilitas diantaranya terdapat restoran, cafe, penginapan, area bermain,pusat perbelanjaan, hingga fasilitas untuk olahraga.

Untuk dapat menuju ke lokasi Pantai Panjang ini, terdapat berbagai macam fasilitas transportasi yang tersedia dan dapat dimanfaatkan dari mulai transportasi umum, hingga kendaraan sewaan. Pantai Panjang dapat ditempuh sejauh 3 Km dari pusat Kota Bengkulu. Rutenya juga lumayan singkat, yaitu Jl.Fatmawati – Jl.Ratu Agung – Jl.Samudra -Jl.Parawisata.

2. Wisata Pantai Jakat

Tempat wisata yang kedua adalah pantai Jakat atau pantai Zakat, puaskan mata dan lengkapi pengalaman wisata kamu, serta sempatkan diri untuk berkunjung ke pantai Jakat. Karena dapat dijamin keindahan Pantai ini tidak akan mengecewakan.

Pantai yang terletak sekitar 1 km dari pusat kota Bengkulu ini, memiliki pesona yang sangat memukau. Ketika menyaksikan pesona matahari terbit dan tenggelam,merasakan semilir angin pantai yang sejuk dan tenang, dan ritme suara deburan ombak yang harmonis. Membuat nyaman dan betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu disana.

Pantai Jakat secara geografis dan topografis memiliki tempat yang strategis karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan memiliki taman bawah laut yang berbukit-bukit dan sangat indah.

Hal tersebut memungkinkan masih terjaganya orisinalitas, serta keseimbangan habitat di wilayah sekitar pesisir pantai tersebut. Selain itu potensi komoditas perikanan yang melimpah  dimanfaatkan sebagai mata pencaharian utama oleh penduduk di wilayah pesisir Pantai Jakat. Kegiatan ekonomi lain yang aktif berkembang, yaitu wisata kuliner hasil laut serta jasa hiburan keluarga yang dapat dinikmati secara lengkap jika berkunjung ke sini.

Maka dari itu, kamu harus menyempatkan diri untuk menikmati wisata kuliner khas pesisir di sini, seperti jagung bakar, pisang bakar, sate ceker,es kelapa, serta berbagai makanan ringan lain yang murah meriah dan tentu akan membuat lidah bergoyang. Selanjutnya jika ingin berenang ke laut dan tidak mempersiapkan perlengkapan berenang, maka kamu tidak perlu khawatir, karena disana semua fasilitas telah tersedia dengan baik, mulai dari ban renang, jaket pelampung, hingga banana boat semuanya tersedia dengan lengkap.

Pemerintah daerah Kota Bengkulu pun telah merekonstruksi bangunan-bangunan di sekitar pantai dengan dibangun secara apik dan indah. Fasilitas keamananpun diperlengkap dengan menyediakan sarana area parkir yang nyaman dan bersih,serta dilengkapi dengan fasilitas penerangan yang mencukupi, instalasi penerangan hemat energi dan ramah lingkungan solar sel, yang membuat suasana pantai menjadi lebih indah dikala malam.

Jika ingin melihat refleksi cakrawala emas sang surya, maka datanglah ke Pantai Jakat di waktu fajar dan senja. Spektrum cahaya keemasan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang memburu jepretan-jepretan nuansa alam yang spektakuler.

3. Wisata Taman Pantai Berkas

Taman yang berlokasi di Jalan Kerapu, Kelurahan Berkas, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu ini memiliki lokasi yang begitu strategis karena berada di pinggir pantai dan tak jauh dari pusat belanja Bencoolen Mall. Tenggelamnya matahari di Samudera Hindia juga sangat tampak jelas bila dilihat dari atas jalanan tinggi yang dibangun di kawasan ini.

Taman ini merupakan tempat tongrongan anak muda yang sangat bagus dan memiliki pemandangan yang indah yang kebetulan menghadap langsung ke arah pantai. Cocok untuk foto-foto bareng keluarga dan sahabat ataupun pasangan. Taman Pantai Berkas ini juga dapat kamu jadikan sebagai pilihan baru untuk bermain ataupunbaru belajar skateboard.

Di taman ini juga disediakan taman bermain untuk anak-anak,dan taman jalan layang untuk berfoto-foto, maka dari itu taman ini sangat cocok untuk kamu masukkan sebagai daftar tempat yang harus kamu kunjungi ketika berkunjung ke provinsi Bengkulu.

Selain itu, objek wisata yang lebih mirip ruang publik di tengah pepohonan cemara ini menjadi daya tarik sendiri untuk taman wisata berkas ini.

4. Wisata Tapak Paderi

Selanjutnyaa da Pantai Tapak Paderi yang menjadi salah satu tujuan wisata terbaik ke-4 versi gelamai.com di Provinsi Bengkulu yang wajib kamu datangi. Dengan garis pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia, Pantai Tapak Paderi Bengkulu juga menyatu dengan Pantai Panjang atau yang biasa disebut Long Beach, membuat pantai di seluruh Provinsi Bengkulu tampak membentang tak berujung, sehingga terlihat menyenangkan untuk relaksasi dengan pasir dan mataharinya yang sangat indah

Dengan hanya sekedar Berjalan-jalan di sepanjang Tapak Paderi pengunjung dapat mengagumi keindahan laut Bengkulu, melihat matahari terbenam yang mempesona atau menikmati seafood dan jagung bakar di sepanjang pesisir pantai atau d iatas perahu.

Selain keindahan alamnya, objek wisata di Tapak Paderi adalah wisata sejarah , salahsatu hal yang membedakannya dari pantai-pantai yang lainnya. Tapak Paderi merupakan pusat pelabuhan pertama di Bengkulu.

Pelabuhan ini juga menghubungkan transportasi laut dari Pemerintah Inggris. Pelabuhan ini terletak hanya 100 meter dari Benteng Marlborough, benteng yang dibangun oleh Inggris pada awal abad ke-18. Benteng ini dan Monument Thomas Parr adalah salah satu tempatwisata yang paling sering dikunjungi di Provinsi Bengkulu. Sepanjang pantai ini, kamu juga dapat melihat China town yang dulunya juga merupakan pusat utama dalam kegiatan bermasyarakat sehari-hari.

Pantai Tapak Paderi juga merupakan lokasi dari festival tahunan Provinsi Bengkulu yaitu Bengkulu Tabot Festival. Ini adalah acara budaya yang memamerkan berbagai pertunjukan seni dan tarian, kerajinan tradisional, pasar, kompetisi, dan banyak lagi.

Pantai Tapak Paderi kamu juga bisa menghabiskan akhir pekan dengan berjalan-berjalan santai di sepanjang Pantai Tapak Paderi yang berpasir lembut sambil menikmati angin laut dan suara gelombang bergulir serta berpercikan ombak di tepi pantai. Atau hanya sekedar Berjemur di tengah kilauan sinar matahari terbenam setiap sorenya.

Saat kamu berjalan menyusuri Pantai Tapak Paderi yang akhirnya akan bergabung menjadi Pantai Panjang dan akhirnya menjadi Pantai Jakat, setiap pantainya yang indah dengan keanekaragamannya sendiri, dihiasi dengan pohon-pohon pinus yang menjulang dan bergoyang-goyang seolah menari karena tertiup angin laut yang tenang.

Selain keindahan pemandangannya, di Pantai Tapak Paderi juga menyediakan Hotel, cottage dan restoran yang berada di sepanjang garis pantai. Kamu juga dapat menemukanjogging track, kolam renang dan banyak toko-toko souvenir.

Olahraga air seperti jet ski dan banana boat juga tersedia untuk disewakan. Sepanjang pantai,penjual makanan menjajakan berbagai makanan ringan yang lezat dan pastinya murah meriah serta ada juga nelayan yang menjual hasil tangkapannya.

Jika kamu dari luar kota Bengkulu dan ingin berkunjung ke Pantai ini dengan menggunakan jalur udara, maka di bandara Fatmawati Bengkulu telah menyedian penerbangan domestik.

Namun maskapai yang terbang ke bandara ini hanya dari Jakarta dan Batam saja. Jadi kamu harus pergi ke Jakarta atau Batam dahulu,baru dilanjutkan ke Bengkulu lalu Pantai Tapak Paderi. Karena Pantai Tapak Paderi itu sendiri terletak sekitar 15 kilometer dari bandara Fatmawati.

Untuk sampai  kesana, kamu dapat menyewa mobil atau naik taksi, yang akanmemakan waktu sekitar 40 menit untuk sampai kepantai tersebut. Jarak PantaiTapak Paderi sekitar 10 menit dari pusat kota Bengkulu, dan dapat diaksesdengan mobil, minibus, taksi atau sepeda motor.

Parapengunjung pantai Tapak Paderi di Kota Bengkulu ramai-ramai mendatangi obyek wisata baru di pantai itu, yakni Sandal Pondok Jodoh yang berada sekitar 150 meter dari bibir pantai tersebut. Di sana terdapat dinding yang terbuat dari bambu. Di dinding itu digantung ratusan sandal kusam dan bermacam-macam objek atau tulisan lainnya yang membuatnya terlihat memukau.

5. Wisata Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah atau sering disingkat dengan DDTS yang berlokasi di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu yang memiliki luas keseluruhan 557 dan luas permukaan 67 hektare.

       Danau Dendam Tak Sudah diperkirakan terbentuk dari aktivitas gunung berapi di daerah tersebut. Mengingat penting dan strategisnya keberadaannya, tahun 1936 Danau Dendam Tak Sudah ditetapkan sebagai cagar alam dengan luas 11,5 hektare oleh Pemerintah HindiaBelanda. Kemudian, tahun 1979, kawasan cagar alam ini dipeluas menjadi 430 hektare. Tahun 1999 wilayah cagar alam diperluas lagi menjadi 577 hektare.

Selain itu, Ada beberapa legenda yang beredar di masyarakat sekitar berhubungan dengan keberadaan Danau Dendam Tak Sudah. Di antaranya legenda buaya buntung, Keramat Pintu Air, Keramat Danau, lintah raksasa, hingga dam tak sudah.

Tetapi kamu tidak perlu merasa takut, karena dibalik legenda-legenda yang beredar dimasyarakat tersebut danau Dendam Tak Sudah ini menyuguhkan pemandangan yang dapat memanjakan mata. Air danau yang tenang dipenuhi pantulan warna hijau darihutan DDTS memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Saat pagi tiba,pemandangan matahari terbit menjadi incaran wisatawan, baik dari luar maupun masyarakat dari kota bengkulu sendiri. Air yang terpancar itu Seolah menyimpan cahaya matahari, sedikit demi sedikit cahaya keluar dan mekar sempurna daripermukaan DDTS menuju langit pagi yang kebiruan.

Danau Dendam Tak Sudah yang merupakan kawasan cagar alam ini dikelilingi bukit-bukit hijau yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem.

Karena lingkungannya yang masih sangat asri, tak mengherankan bila Danau Dendam Tak Sudah menjadi habitat flora dan fauna langka. Tumbuhan endemik langka seperti anggrek matahari,nipah, plawi, pulai, bakung, gelam, terentang, sikeduduk, brosong, ambacang rawa, dan pakis, tumbuh subur di sana.

Ada pula beberapa jenis ikan langka yang berasal dari famili Anabantidae,Bagridae, dan Cyprinidae. Hadirnya hewan-hewan seperti lutung atau keraekor panjang, burung kutilang, babi hutan, siamang, dan ular phyton yang hidupdi sekitar danau, juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

kamu juga bisa melihat beberapa jenis ikan-ikan langka yang di lindungi disini, contohnya saja seperti ikan dari famili Anabantidae(Trichogaster trihopterus), lalu ada juga yang berasal dari famili Bagridae (Mystus sp), dan ikan dari famili Cyprinidae (Mystacoleucusmarginatus) dan (Rasbora sumatranus).

Selain itu, juga ada Cagar alam yang di bangun untuk alternatif tempat rekreasi bagi masyarakat, pemerintah daerah kota Bengkulu juga sangat mengharapkan agar Danau inibisa menjadi sebuah kawasan konservasi bagi beberapa keanekaragaman hayati yang di lestarikan disana, terkhir Danau Dendam Tak Sudah ini juga dimanfaatkan sebagai sumber airnya yang digunakan untuk keperluan irigasi dan sebagai daerah cadangan air bagikelangsungan ekosistem di Kota Bengkulu.

6. Wisata Ekosistem Mangrove

Terakhir ada wisata Ekosistem HutanMangrove yang terletak di Kecamatan Sumber Jaya Pulau Baai Provinsi Bengkuluyang belakangan ini menjadi salah satu objek wisata terlaris yang dikunjungi wisatawan. Kenapa tidak, hanya dengan membayar sewa perahu wisata senilai Rp10ribu per orang, kamu bisa puas mengelilingi 247,61 hektar hutan mangrove yang ada di lokasi tersebut.

Tidak hanya pemandangan hutan mangrove semata, kamu juga dapat mendapati pemandangan aksi para pemancing tepian di seputar lokasi tersebut, yang tidak dapat kamu ditemui, di daerah lain selain di Kecamatan Sumber Jaya.

Karena, wisata mangrove belakangan ini bisa menarik wisatawan hingga ratusan orang jumlahnya. Tentu saja, hal ini dapat meningkatkan taraf perekonomian warga setempat. Baik pemilik perahuwisata, pedagang makanan hingga warga yang menjadi fotografer dadakan.

Selain itu, Ekosistem hutan mangrove Pulau Baai Bengkulu menjadi semakin meningkat dan baik kondisinya. Banyak masyarakat sekitar dan puluhan anggota KomunitasMangrove Bengkulu (KMB) yang memperbaiki dan menanam kembali pohon mangrove yang telah rusak. Adapun luas hutan mangrove adalah sekitar 247,61 hektar termasuk 118,14 hektar.

Tetapi dulu kawasan hutan mangrove Pulau Baai Bengkulu ini sempat rusak, karena tiga sebab utama, yakni akibat dar iadanya abrasi pantai, alih fungsi mangrove menjadi pertambakan, dan penebangan liar dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jika saja kawasan hutan mangrove tidak segera diperbaiki bisa berakibat fatal dan menimbulkan bencana,karena abrasi (penyempitan wilayah daratan) yang ditimbulkan oleh air laut.

Selain sebagai perlindungan pantai dari adanya abrasi setiap hari, hutan mangrove Pulau Baai Bengkulu juga berfungsi sebagai tempat berpijahnya aneka biota laut, mempercepat perluasan pantai melalui pengendapan, tempat berlindungnya burung, tempat berkembangbiaknya jenis burung tertentu, mencegah intrusi air laut ke daratan, mengatur iklim mikro di sekitar, dan juga tempat tinggalnya aneka hewan. Adapun beberapa hewan langka yang menjadikan hidup di kawasan hutan mangrove Pulau Baai Bengkuluantara lain adalah monyet ekor panjang, elang tiram, munguk beledu, cipoh jantung, kareo padi, bajing kelapa, lutung kelabu, berang-berang, dan lain sebagainya.

Hutan Mangrove Pulau Baai Bengkulu yang merupakan hutan yang memiliki tempat strategis juga berfungsi sebagai penahan gelombang laut dan tsunami, karena daerah tersebut mempunyai potensi untuk gempa bumi dan tsunami yang sangat besar.

            Itulah beberapa tempat wisata alamdi daerah Bengkulu versi gelamaibagaimana?, tertarik untuk berkunjung ke salah satu tempatnya?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *